Senin, 02 Februari 2009

Belajar metode mengajar dari pelajar



              Kesempatan tidak datang dua kali dan itu yang membuat saya tidak pikir panjang ketika diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari program cerdas bersama HONOBONO. Program paket belajar yang untuk pertama kali di lakukan di SD Negeri Batu Laccu. Program ini merupakan kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan oleh voulunter HONOBONO kepada adik-adik yang bersekolah di SD Negeri Batu Laccu. Saya dan teman-teman voulunter lainnya bertugas sebagai pengajar untuk beberapa mata pelajaran yakni matematika, bahasa Inggris, dan bahasa Jepang.

              Saya diamanahkan untuk mengajar mata pelajaran matematika sesuai jadwal yang telah diberikan. Tepat pada tanggal 20 Januari 2009 untuk pertama kalinya saya berinteraksi dengan adik-adik di SD Negeri Batu Laccu megajarkan sedikit pengetahuan saya tentang Matematika kelas VI. Layaknya seorang guru baru saya berusaha beradaptasi dengan mereka. Awalnya saya sempat bingung menghadapi mereka karena suasana kelas yang gaduh tapi berselang beberapa waktu mereka mulai tampak serius mengikuti pelajaran matematika yang saya bawakan. Jujur, saya sangat terkejut melihat kemampuan mereka dalam mata pelajaran matematika. Sebenarnya sebelum memasuki ruang kelas, saya berpikir keras tentang metode yang akan saya gunakan supaya mereka cepat mengerti tapi ternyata setelah di dalam kelas mereka sangat antusias dan mudah memahami pelajarannya. Saya percaya kalau sebahagian besar dari mereka memang pada dasarnya telah menguasai materi tersebut sehingga tidak sulit untuk saya melakukan transfer pengetahuan kepada mereka. Melihat kondisi kelas yang seperti itu, saya lebih banyak mengawal adik-adik yang belum memahami materi dengan baik sementara untuk yang sudah paham saya memberi tugas menjawab soal-soal pada modul yang pada akhir pertemuan kami bahas bersama.

             Banyak hal yang membuat saya kagum hari itu. Walaupun mereka awalnya ribut dan tidak sabar namun mereka punya semangat besar untuk belajar. Satu hal lagi, pada saat waktu belajar selesai mereka berbaris dan satu persatu menjabat tangan saya sebagai tanda terima kasih dan hormat mereka. Terucap harapan, semoga adik-adik sukses di masa yang akan datang. Terima Kasih...

Saya DEVI AHRIANI untuk Honobono Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar