Sabtu, 31 Januari 2009

Bisa dijual vouchernya kak?



27 Januari 2009
By: Dj
Volunteer mengajar bahasa Inggris

Hhhmpppfff.....
This is d first time buatQ mengajar. Biasanya sih, cuma bisa ngajar ngaji atw ngajar anak2 ttangga ngerjain pe-ernya. Deg2an & grogi tentux. Apalagi ngajar matematika, mata pelajarn yg tidak begitu Q kuasai. Yahhh... tapi, harus k coba & b’usaha yakinkn diri sndiri kalo “I can do this”.
Sesuai p’beritahuan, jam 3.15 aQ dah ada di Honobono, ternyata di sana ada K’ Emi yg mestinya ngajar hari ini. Stelah ± 15 menit diskusi, kmbali pd kputusn awal, aQ yg akan mengajar. Jam 3.48, lewat dari waktu yg dtentukn, aQ, K’ Emi (pendamping) & K’ Kamsia (supervisi) berangkat ke sekolah.
Di tengah perjalanan, kita ketemu Eka, salah satu peserta “Program Cerdas Bersama HonoBono”.
“K’...K’.... mau mi dimulai belajar” Tanya Eka.
“Iye’ Dek.... siap-siap mi...” jawabQ
“Iii...dehh....blum pa mandi. Ganti baju ma saja deh...” sambungnya
“Iya...cepat mi nahh!!!! Di tunggu ji....” co’do K’ Kamsia.
Sampe di sekolah, ada skitar 10 adek2 yg sudah menunggu di dpan kelas. Ternyata pintunya tidak bisa dibuka. Butuh waktu 5 menit K’ Kamsia “berkelahi” dgn kunci & pintunya, akhirnya bisa miy terbuka.
Salut K’.... semangat semua qi pergi belajar. Ada yg sudah mandi n pake bedak. Ada yg pake baju sehari-hari, ada juga pake baju bagusnya yg (mungkin) biasa dpake ke mall, pake sandal jepit, sandal bagus, ada juga satu yg pake sepatu pluss seragam merah putih sekolahnya.
Tdk perlu disuruh, adek2 duduk d tempat yang dpilih sndiri. Semuanya berusaha di bangku terdepan yang masih kosong, tiga baris bangku terisi penuh. Coz molor sekitar 13 menit, K’ kamsia langsung memasang spanduk, aQ mengabsen, K’ Emi membantu bagikan name tag dan ngasih modul untuk seorang peserta yg belum dapat, dengan sedikit menjelaskan untuk menjaga modulnya baik-baik.
Jeng....jeng...jeng..... The show time.... Sesuai arahan K’ Ema kmarin... pelajaran dmulai dgn mereview pelajaran minggu lalu, dgn mengajukan beberapa pertanyaan, dan adek2 sangat antusias menjawab. Hhhmm.... di tengah keterbatasan, mereka memiliki semangat yg besar untuk belajar. Adek2.... smangadh...
Awal yg mnurutQ cukup baik.... Hilang miy nervousQ.....
“Operasi Hitungan Campuran Bilangan Berpangkat dan Akar ” meteri hari ini (untung masih yg dasar, kalo nda’ hmmm....give up ma’). Stelah sdikit mnjelaskn (semampu Q jiy kodonk...), aQ ngasih waktu untuk kerja soal yang ada di modul masing2. Waktu aQ minta adek2 buat naik ke papan tulis kerja soal (dgn jawaban tentunya), cuma satu jiy yg berani. Tapi waktu ada miy temannya naik, hampir semuanya angkat tangan peke teriak lagi.
“K’....K’.... saya juga K”
“K’.... nomor 3 saya K ”
Yahhh....not bad lahhh.... setidaknya ada jiy yang mengerti penjelasanQ. Syenengnya...... apa lagi hampir semua jawabnnya benar, cuma butuh sedikit bantuan. Two thumbs Up 4 all..... sambil nunggu adek2 menyelesaikan jawaban di papan, aQ dan K’ Emi keliling mengamati, apakah semua adek2 sudah mengerti, dan kalo belum, kita b’usaha (sepenuh hati.... cieeehhhh....) mnjelaskn sampai mengerti.
Yg paling seru, saat kuiz lisan.... semuanya mau dapat voucher belajar gratis.. Pesan buat tentor2 selanjutnya, siapkan soal sebanyak-banyaknya, karena ada bakal banyak yang batal coz terlalu semangatqi adek2Ta, ada yang langsung sebut jawabannya padahal belum ditunjuk. Ributnya...
Waktu dijelaskan masa berlakunya voucher, ada yang bertanya:
“K’....bisa dijual vouchernya?”
“Hhaaaaahhhhh??? #?///*#$@%???”
Speechless k... (dlm hatiQ, Lo pikir voucher pulsa??)
Waktu rangkaian acara selesai, ada lg yg nyeletuk,
“K’....ada qita lupa.... foto bareng duleeh....”
Hari yg cukup mnyenangkn, ndada yg nyebelin, pa lg waktu pulang semua pada baris buat salaman & cium tangan (nahhh lho???). hopely... mereka nda mikir sy neneknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar